Antara Riuh Dan Manfaat Videotron

Ilustrasi Videotron [Net]
Ilustrasi Videotron [Net]

Banda Aceh | Mendengar istilah Videotron banyak warga yang masih bigung. Namun akhir-akhir ini hangat menjadi pemberitaan di media masa cetak, elektronik dan online tentang videotron yang bakal dipasang oleh Dinas Pendidikan Aceh di 7 (tujuh) titik strategis se Aceh. Berbagai pakar, eksekutif dan legislatif memberikan berbagai komentar dan malah kalangan intelektual akademisi juga ikut memberikan tanggapan minus terhadap niat Dinas Pendidikan Aceh menyediakan media informasi digital berteknologi terkini itu.

Terlepas dari semua tanggapan dan opini yang sedang berkembang, saya mencoba mengupas keberadaan videotron sebagai salah satu produk dari pesatnya perkembangan teknologi komunimasi dan Informasi. Dahulu kala kita mendapatkan informasi dari mulut ke mulut, kemudian berkembang dengan munculnya surat menyurat dan sajian media cetak.

Pada dekade pertengahan, muncul teknologi radio dan televisi sebagai saluran penyampaian informasi kepada publik. Namun pada dekade akhir-akhir ini, dengan pesatnya perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, kita hampir setiap saat kedatangan informasi terbaru, baik melalui media sosial, media online dan malah setiap saat kita mewati tempat-tempat strategis, kita disuguhi berbagai informasi dari media digital berupa Videotron.

Videotron untuk kepentingan beriklan atau promosi memang semakin tinggi. Videotro merupakan cara efektif yang bisa dilakukan oleh semua pelaku usaha dan pemerintah. Jika kita cermat mengamati perkembangan setiap kota di Indonesia, kita pasti akan mulai familiar melihat videotron di sepanjang jalan, entah itu di alun-alun kota, pertigaan, atau di spot strategis lainnya.

Setiap videotron juga menampilkan isi yang berbeda, mulai dari informasi publik, informasi pelayanan, sosialisasi kebijakan pemerintah sampai iklan produk atau tempat. Jika era abad 19 yang menggunakan videotron hanya perusahaan besar untuk memasarkan produknya, maka sekarang pengguna videotron sudah melebar dan menyusup ke semua kalangan. Karena masyarakat, khususnya pelaku usaha dan orang pemerintahan, bisa melihat sendiri manfaat secara masif dari beriklan dengan viddeotron. Berbagai produk mulai dari produk lokal sampai produk Internasional semakin dikenal khalayak ramai dengan media promosi yang satu ini. Media digital yang satu ini memang sangat efektif untuk promosi suatu produk.

Penyediaan Videotron dapat dilakukan dalam berbagai jenis maupun ukuran. Tetapi untuk mendukung suksesnya daya gedor videotron, penempatan juga harus menjadi perhatikan penyampai informasi. Selain penempatan, ada beberapa hal yang menjadi keunggulan dari produk yang satu ini, antara lain:

  • Informasi yang muncul adalah format digital graphis motion yang berfungsi untuk menonjokkan informasi secara atraktif. Sehingga pesan yang disampaikan pun lebih mudah diterima dan disukai oleh orang yang melihat dan memperhatikan.
  • Pergantian materi bisa dilakukan dengan sangat mudah. Hal ini tentu saja bisa mempersingkat waktu pergantian dari materi yang satu ke materi yang berikutnya. Sangat berbeda dengan aplikasi dan penggantian spanduk atau iklan baliho tentunya. Selain itu, penggantian spanduk dan baliho membutuhkan biaya dan tenaga yang lebih besar.
  • Penampilan yang dihasilkan oleh videotron lebih rapi daripada jenis penampilan iklan yang lain.

Tontonan yang menarik bagi masyarakat. Videotron bisa menjadi hiburan yang menyenangkan bagi masyarakat. Hal inilah sebenarnya yang membuat videotron lebih memikat dan efeknya lebih mudah diresapi dan diterima lebih cepat.

Area pemasangan memang sangat penting untuk kesuksesan penyampaian informasi kepada masyarakat. Jika videotron dipasang pada area trafik pengunjung yang besar, maka akan tertangkap oleh visual masyarakat secara lebih luas. Selain penempatan videotron berdasarkan trafik, yang harus diperhatikan adalah apakah masyarakat di area tersebut cocok dengan produk informasi yang ditayangkan. Hal ini akan menentukan apakah suatu informasi tersebut maksimal dan sukses atau tidak. Jika pesan ini sampai ke masyarakat dengan sukses, maka yang diuntungkan adalah masyarakat umum, pemerintah, pembuat media, dan penyedia jasa videotron.

Saat ini hampir disetiap sudut kota, kita disuguhkan dengan berbagai iklan rokok yang jelas-jelas tidak mendidik dan malah memancing selesa para para pelajar untuk merasa hebat kalau mengisap rokok. Kondisi ini tentunya perlu menjadi perhatian para pejabat publik, khususnya yang menangani pendidikan untuk berupaya menyuguhkan informasi mendidik untuk para siswa, orang tua siswa dan masyarakat dengan menyajikannya dalam media yang dapat diakses kapan saja dan disuguhkan setiap saat, seperti melalui media videotron ini.

Dengan adanya suguhan yang senantiasa dihidangkan dalam berbagai paket pendidikan, diharapkan masyarakat akan selalu memperoleh informasi tentang program pendidikan. Disamping itu kepedulian masyarakat dalam bersama-sama membangun pendidikan dapat terbangun sedemikian rupa, sehingga beban mendidik generasi bangsa ini menjadi benar-benar sinerjis, berkelanjutan dan saling isi dan koreksi antara pelaku pendidikan dan penerima manfaat hasil pendidikan itu sendiri Penyiapan media informasi pendidikan saat ini memang sudah semestinya tersedia dalam bentuk videotron atau media sejenisnya, ngingat banyak informasi, terutama menyangkut kebijakan pemerintah yang diterima oleh masyarakat secara tidak utuh dan sebagiannya malah informasi yang salah.

Dengan tersedianya informasi yang lengkap, jelas dan gampang dicerna oleh masyarakat tentunya akan memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pendidikan mereka, terhindar dari praktek pencaloan, penipuan dan berbagai jenis praktek kejahatan lain yang disebabkan oleh kurangnya informasi yang didapat oleh maayarakat itu sendiri.[penulis : Andi M Arifin, pemerhati audio visual]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *