Besok, Sabang International Freediving Championship 2018 Dimulai

Banda Aceh, AP-Pulau Sabang, Aceh, akhir akhir ini makin sering menajdi lokasi pergelaran acara berskala dunia. Kali ini, giliran Sabang International Freediving Championship 2018 (SIFC 2018) yang dimulai besok, 3 November 2018. Acara tersebut berlangsung sejak 3 sampai dengan 8 November 2018.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh,Amiruddin diwakili Kabid Pemasaran, Rahmadhani menyebutkan, para freedivers dalam dan luar negeri akan berkumpul besok. Mereka akan bertarung di Sabang International Freediving Championship 2018 (SIFC 2018). Kompetisi ini akan dipusatkan di Pulau Weh, Sabang.

“Event freediving ini menjadikan Sabang sebagai surga bahari. Sabang sudah lama dikenal sebagai destinasi selam (scuba diving). Selain itu, Sabang memiliki pelabuhan dalam yang mudah disinggahi kapal pesiar (cruise) berkapasitas besar,” ujar Rahmadhani.

Selain itu, Sabang juga memiliki teluk dengan pantai dalam yang tidak berarus, tidak bergelombang. Lokasinya ideal untuk menyelam tanpa perangkat scuba atau freediving.

“Potensi bahari Sabang itu luar biasa. Ini yang harus kita terus dorong. Sehingga, Sabang semakin dikenal dunia. Salah satunya dengan menggelar event bertaraf internasional seperti SIFC 2018 ini. Tahun lalu event ini juga sukses kita gelar,” ujar ujar pejabat peraih magister luar negeri ini.

Sebutnya lagi, potensi bawah laut Sabang di Pulau Weh memang sudah tidak diragukan. Terletak di pintu masuk Selat Malaka, Pulau Weh secara alami tak tersentuh meskipun ukurannya yang kecil dan akses yang mudah. Ini adalah surga bahari yang sering dilupakan.

“Menyelam di Pulau Weh adalah kegiatan rekreasi yang mengasikkan. Sebab, Pulau Weh punya banyak spot keren. Termasuk untuk freediving. Salah spot terbaik untuk freediving di Pulau Weh, ada di Pantai Balohan, Sabang. Di tempat ini pantainya sangat indah. Dan dijamin membuat betah para freedivers,” pungkasnya menutupi pembicaan.

Seperti diketahui, sebelumnya penyelenggaraan SIFC 2017 berjalan sukses. Tahun lalu event ini dihadiri oleh 40 peserta dari 20 negara.  Acara SIFC 2018 kali ini juga diikuti 40 peserta dari 22 negara.(TM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *