ATJEH PRESS

ATJEH PRESS

banner 728x90

Dandim 0101/BS Panen Padi Di Bekas Ladang Ganja

Dandim 0101/BS Panen Padi Di Bekas Ladang Ganja

Aceh Besar | AP – Komandan Distrik Militer 0101/ BS, Kolonel Infanteri Fitriadi Mahesa beserta jajarannya melakukan panen raya padi Gogo di Gampong Lambada Kemukiman Lamteuba kecamatan Seulimeum Aceh Besar, Minggu (2/3/2017).

Panen raya yang dilakukan di bekas ladang ganja ini merupakan panen perdana program cetak sawah TNI. Sekitar 49 hektar lahan yang terletak di lembah pegunungan Seulawah ini terlihat ditanami padi, cabe dan kacang kedelai. Kepada wartawan Dandim mengatakan bahwa panen ini merupakan pertanda keseriusan komitmen masyarakat yang beralih memanfaatkan lahan yang dikenal subur ini untuk menanami tanaman produktif yang dapat menafkahi petani setempat.

“Ini merupakan panen perdana, kalau hasil belum kita ketahui secara pasti, namun setelah panen ini dihitung baru bisa kita perkirakan ,” ujarnya Mahesa.

Menurutnya, antusiasme warga untuk bertani sangat tinggi, bahkan mereka menantang, setelah panen dilahan tersebut akan ditanami kacang hijau.

“Antusiasme warga sangat luar biasa, mereka berencana setelah panen ini akan kembali menanami kacang hijau di lahan tersebut, semoga ini dapat bermanfaat sesuai harapan pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Dia mengatakan, lahan ini dulu sempat terlantar dan dimanfaatkan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab untuk menanami tanaman haram ganja, namun setelah masyarakat diberdayakan baik oleh TNI maupun pemerintah kabupaten Aceh Besar lahan yang luas ini sudah dapat dipetik manfaatnya.

“Yang sudah ditanami ini sekitar 51 hektar totalnya, jadi kita dorong supaya petani terus meningkat dan akan kita evaluasi supaya padi ini dapat berbuah lebat, berisi, saya pikir ini bukan suatu yang sulit selama niat kita tulus dan ikhlas,” Pungkasnya.

Hadir juga dalam panen raya tersebut kepala dinas Pertanian Aceh Besar Tarmizi, ketua kelompok tani Gampong Lambada, perangkat desa, serta Babinsa Koramil Seulimeum, dalam kesempatan itu terlihat anggota Babinsa membagikan permen kepada anak-anak petani setempat.

Tags: , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses