ATJEH PRESS

ATJEH PRESS

Dilapor FM PPA, Ketua Panwaslu Aceh Besar Disidang DKPP

Dilapor FM PPA, Ketua Panwaslu Aceh Besar Disidang DKPP

BANDA ACEH | AP – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) melaluin video conference menggelar sidang dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan ketua Panwaslu Aceh Besar, Syukurdi, di kantor Bawaslu provinsi Aceh, Atuek Pahlawan, Banda Aceh, Selasa (13/02/2018).

Sidang pelanggaran kode etik tersebut dilakukan atas laporan ketua Forum Masyarakat Peduli Pilkada Aceh (FM PPA), T Khairol Razi kepada Bawaslu Republik Indonesia dengan nomor 03/BA/FM-PPA/I/2018, perihal Laporan Pengaduan, tanggal 18 Januari 2018.

Dalam laporannya, T Khairol menyebutkan berdasarkan laporan masyarakat bahwa, ketua Panwaslu Aceh Besar, Syukurdi tidak memenuhi syarat untuk menjadi ketua panwaslu, sebab keterlibatannya dalam politik dengan menjadi tim sukses pasangan Illiza-Farid pada pemilihan walikota Banda Aceh 2017 yang lalu.

Laporan tersebut turut dilampirkan bukti-bukti berupa SK keterlibatan sebagai relawan timses.

Dalam proses persidangan, Syukurdi mengaku tidak mengetahui jika persyaratan sebagai penyelenggara pemilu tidak boleh terlibat politik atau memberikan dukungan terhadap pasangan calon dalam pilkada, meskipun di daerah yang berbeda.

“Saya meminta maaf atas keteledoran saya sebagai orang yang tidak paham detail tentang hukum dengan Sarjana Agama dan Sarjana Pendidikan,” kata Syukurdi

Anggota majelis DKPP selaku pimpinan sidang, Ida Budiati menyampaikan, berdasarkan laporan dan bukti yang disampaikan pengadu (FM PPA), bahwa teradu (Syukurdi) telah dinilai telah melanggar kode etik dengan perkara nomor 12/I-P/L-DKPP/2018.

“Hasil sidang DKPP terhadap status Ketua Panwaslu Aceh Besar akan di umumkan 7 hari kemudian,” kata Ida.

Usai persidang Ketua FM-PPA, T Khairol Razi berharap agar DKPP dapat bertindak seadil-adilnya terhadap kasus pelanggaran kode etik yang dilakukan Syukurdi, agar tidak memperpanjang proses.

“Karena menurut kami Syukurdi sudah terbukti melanggar dan mengakui kesalahannya pada persidangan tadi, jika DKPP tidak adil, maka FM PPA akan melaporkan ke pihak berwajib, karena Syukurdi telah membohongi publik dan memberikan pernyataan palsu,” ungkap Khairol. [Q]

The following two tabs change content below.

“Kurang cerdas dapat diperbaiki dengan belajar, kurang cakap dapat dihilangkan dengan pengalaman. Namun tidak jujur sulit diperbaiki,” (MH)

Latest posts by Said Saiful (see all)

Tags: , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses