Dua Jam Hujan, Desa Leungah Aceh Besar Dilanda Banjir Bandang

JANTHO | AP – Hujan yang mengguyur selama dua jam lebih, menyebabkan banjir bandang di Desa Leungah Kecamatan Seulimun, Aceh Besar, Senin (01/01/2018). Sehingga sejumlah warga Desa sempat mengungsi ke dua lokasi.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar, Ridwan Jamil mengatakan, intensitas hujan sedang hingga lebat sehingga mengakibatkan terjadinya banjir bandang di wilayah tersebut.

“Tidak ada korban jiwa, namun sebanyak 260 jiwa warga Desa Leungah sempat mengungsi sementara ke dua lokasi, yakni di kawasan masjid gampong setempat dan SMP 5 Seulimuem,” kata Ridwan, Selasa (02/12/2018).

Dia menyebutkan, Kejadian luapan banjir mulai menggenangi pemukiman warga, sekira pukul 20.30 WIB hingga 23.00 WIB, dengan ketinggian air bervariasi antara 50 cm hingga 80 cm.

“Setiba petugas Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Aceh Besar di lokasi bencana tersebut air sudah surut dan sebagian warga sedang membersihkan rumah masing-masing, kemudian sebagian pengungsi sudah kembali ke rumah dan sebagian mengungsi ke rumah tetangga atau sodara,” tambah Ridwan.

Akibat banjir bandang tersebut, kata ridwan, sekitar 30 Ha luas lahan pertanian cabai warga hancur dan gagal panen, sedangkan untuk kerusakan sarana dan prasarana yang lain masih dalam pendataan di karena kan kondisi di lokasi gelap dan sedang di guyur hujan.

“Hingga pukul 01.30 WIB dini hari, hujan masih mengguyur, sehingga petugas TRC Masih di lokasi bersama unsur muspika, DPRK, dan warga setempat sambil terus memantau perkembangan,” Imbuhnya. [*].

Redaksi Press

"Kurang cerdas dapat diperbaiki dengan belajar, kurang cakap dapat dihilangkan dengan pengalaman. Namun tidak jujur sulit diperbaiki," (MH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *