ATJEH PRESS

ATJEH PRESS

Gelar Rakorda KKBPK, BkkBN Aceh Lakukan MoU dengan Kemenag dan Disdik Aceh

Gelar Rakorda KKBPK, BkkBN Aceh Lakukan MoU dengan Kemenag dan Disdik Aceh
Sekretaris Daerah Aceh, Drs. Dermawan, menyampaikan sambutan dalam Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Hotel Hermes Palace Banda Aceh, Selasa (06/03/2018).

Banda Aceh | AP – Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BkkbN) Provinsi Aceh menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Hotel Hermes Palace Banda Aceh, Selasa (06/03/2018).

Mengangkat tema ‘Penguatan Integrasi Program Lintas Sektor di Kampung KB Guna Mempercepat Terwujudnya Kualkitas Sumberdaya Manusia’ rekorda tersebut dilaksanakan mulai dari 06 hingga 07 Maret 2018, dalam rangka intergritas kampung Keluarga Berencana (KB) Bersama Mitra Kerja Tungkat Provinsi Aceh dan Kabupaten/Kota.

Rakorda yang dibuka oleh Sekretaris Daerah Aceh, Drs. Dermawan mengatakan, pertumbuhan penduduk yang seimbang dan terkendali akan mempermudah Pemerintah dalam merancang program bagi kesejahteraan rakyat, jika jumlah penduduk tidak bisa dikendalikan, tentu akan berdampak pada efektifitas pembangunan tidak berjalan dengan baik, makin tingginya biaya kesehatan, biaya pendidikan dan berbagai biaya lainnya. Dan dikhawatirkan akan terjadi krisis pangan, air, dan dampak lain disebabkan tidak cukupnya potensi sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan manusia.

“Program KKBPK merupakan solusi terbaik untuk masalah ini, pertumbuhan penduduk yang tidak seimbang, oleh sebab itu, kegiatan sosialisasi KB perlu mendapat dukungan agar semua pasangan usia subur ikut dalam program ini,” kata Dermawan.

Dikatakannya, pemerintah Aceh siap memfasilitasi pelayanan KB di rumah sakit, Puskesmas atau di tempat-tempat lainnya sehingga setiap keluarga lebih mudah mendapatkan akses layanan KB.

“Dengan ber-KB, keluarga akan lebih maksimal memberikan perhatian kepada anak-anaknya, sehingga, citacita membangun keluarga berkualitas dapat tercapai,” ujarnya.

Pada kegiatan tersebut juga, BKKBN Aceh menjalin kerjasama dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Aceh dan Dinas Pendidikan Aceh. Komitmen kerja sama tersebut, ditandai dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Kepala BKKBN Aceh, Sahidal Kasri bersama Kakanwil Kemenag Aceh, M. Daud Pakeh dan Dinas Pendidikan Aceh, disaksikan Sekda Aceh, Drs. Dermawan dan deputi Bidang KSPK BKKBN, M. Yani.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Aceh, M. Daud Pakeh mengatakan, kerjasama tersebut dilakukan dalam rangka pengembangan Pendidikan Berwawasan Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pendidikan Pra Nikah bagi calon pengantin. Dan merupakan program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga, dalam upaya mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera di Provinsi Aceh.

“Kerjasama dengan BKKBN penting, dalam rangka menyatukan persepsi dan sinergitas program terhadap pembinaan kursus calon pengantin (suscatin) atau pendidikan pra nikah, selain itu juga dalam rangka sosialisasi tentang keluarga melalui pendidikan,” ujar Daud.

Disebutkannya, program tersebut dilakukan dalam rangka upaya menyamakan persepsi dan  usaha untuk mempersiapkan masyarakat Aceh menuju keluarga sejahtera atau keluarga sakinah.

Saat ini, kata Daud, Kemenag, secara nasional sedang melaksanakan program Bimbingan Perkawinan atau yang di kenal dengan BIMWIN.

“Pada 2017, Kemenag Aceh melaksanakan BIMWIN untuk 7.845 pasang calon pengantin,” imbuhnya. [Asr]

Tags: , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses