Guru dan Dosen dari Aceh Lakukan Penelitian Bersama

Ilustrasi [www.anneahira.com]
Ilustrasi [www.anneahira.com]

JAKARTA|AP-Penulisan karya ilmiah merupakan syarat wajib bagi guru dalam jabatan profesi. Hal ini diatur ke dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan dan RB) Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Peraturan ini menjelaskan penulisan karya ilmiah, adalah syarat wajib dari unsur dan sub unsur kegiatan guru yang dinilai angka kreditnya.Adapun penulisan karya ilmiah sebagai bagian dari kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan profesi guru pada jenis publikasi ilmiah.

Implementasinya, syarat penulisan karya tulis ilmiah, salah satunya harus dilakukan guru melalui penelitian tindakan kelas (PTK).PTK merupakan jenis penelitian untuk mengatasi permasalahan di dalam kelas. Hari Amirullah, perwakilan Pusat Pengembangan Program Profesi Pendidik Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Pusbangprodik Ditjen GTK Kemendikbud) mengatakan per 1 Januari 2013 sudah diberlakukan Permenpan dan RB Nomor 16 Tahun 2009 tentang jabatan fungsional guru dan angka kreditnya.

“Para guru, mulai golongan kepangkatan III/a, untuk naik pangkat, harus melakukan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB), yang salah satu kegiatannya melakukan PTK,” jelas Hari Amirullah dalam rilis yang diterima redaksi atjehpress.com, Kami 25 Juni 2015.

Guna meningkatkan intensitas penelitian tindakan kelas, USAID Prioritizing Reform, Innovation, and Opportunities for Reaching Indonesias Teachers, Administrators, and Students (USAID Prioritas) memfasilitasi sebanyak 32 guru, dan 32 dosen dari tujuh provinsi termasuk 4 orang guru SD/SMP dari Banda Aceh dan 4 orang dosen Unsyiah dan UIN Ar Raniry ikut serta pada Lokakarya Kajian dan Penyusunan Laporan Pendidikan Tindakan Kelas. Lokakarya ini dilaksanakan selama empat hari, yaitu 22 s.d. 25 Juni 2015, di Hotel Atlit Century, Jakarta.Para guru dan dosen telah membahas hasil-hasil yang telah dicapai dalam pelaksanaan PTK.

“Lokakarya Kajian dan Penyusunan Laporan Pendidikan Tindakan Kelas sangat membantu guru untuk menghasilkan laporan penelitian yang bermanfaat untuk meningkatkan mutu pembelajaran di kelas dan dapat diajukan untuk kenaikan pangkat guru,” ujar Hari di sela-sela lokakarya.

Penasehat Pembelajaran USAID Prioritas Lynne Hill berharap kolaborasi dosen dan guru dalam PTK dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang bermanfaat untuk keduanya.“Dosen melakukan PTK untuk publikasi ilmiah dan membantu peningkatan mutu pembelajaran di kelas sebagai pengalaman nyata untuk bahan perkuliahan.Sedangkan, guru melakukan PTK sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pembelajaran di kelas dan meningkatkan profesionalismenya,” ujarnya, di Jakarta, Kamis (25/6).

Ismail, Ahli Pengembangan LPTK USAID PRIORITAS Provinsi Aceh, mengatakan dosen dan guru berfokus pada penerapan literasi, matematika, dan IPA di SD/MI dan SMP/MTs. ”Harapan kami dosen unsyiah dan UIN Ar Raniry dapat memperkuat guru-guru di Aceh dalam menerapkan teori pembelajaran yang relevan untuk menyelesaikan masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru di Aceh,” ujarnya.

Salah seorang dosen Unsyiah, Drs Adnan MPd mengungkapkan perlunya pelatihan tersebut untuk meningkatkan kualitas pendidikan, “Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas sangat perlu dilakukan secara berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah.Apalagi kolaborasi antara dosen dan guru dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas yang selama ini jarang dilakukan, padahal itu sangat penting untuk meningkatkan mutu penelitian”, jelas Adnan.
Di sisi lain, para dosen di perguruan tinggi telah banyak mengkaji banyak teori yang dapat membantu menemukan solusi atas masalah-masalah pembelajaran yang di hadapi guru. Atas dasar itulah USAID PRIORITAS, program kemitraan pemerintah Amerika dan pemerintah Indonesia, memfasilitasi kolaborasi dosen LPTK dan guru dari sekolah dan madrasah dalam melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). (r)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *