ATJEH PRESS

ATJEH PRESS

KNPI: Pemekaran Aceh Besar Sangat Layak

KNPI: Pemekaran Aceh Besar Sangat Layak

H.khalid wardana.S.AgKOTA JANTHO|AP – Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Aceh Besar sangat mendukung pemekaran Aceh Besar menjadi beberapa kabupaten/kota.

Ketua DPD KNPI Aceh Besar H Khalid Wardana SAg bersama Sekretarisnya Fuadi Yusuf S Fil, Senin (25/5) mengatakan, upaya pemekaran telah dirintis oleh masyarakat wilayah barat sejak tahun 1990-an dengan nama Kabupaten Aceh Raya. Setelah itu redup dan nyaris tak terdengar lagi dan kini masyarakat wilayah utara (sagoe Indrapatra) juga menggagas pembentukan Kabupaten Aceh Rayeuk.

Wacana pemekaran Aceh Besar, kata Khalid Wardana, tidak terlepas dengan berbagai permasalahan pembangunan, luas wilayah dan ketimpangan pelayanan kepada masyarakat. Apalagi kabupaten Aceh Besar menjadi satu-satunya daerah yang belum di mekarkan pasca reformasi. Sementara daerah lainnya seperti Aceh Barat, Aceh Selatan, Aceh Timur dan Aceh Utara telah di mekarkan menjadi empat hingga lima daerah otonomi baru dan daerah pemekaran tersebut sudah berkembang.

“Hasil kajian KNPI, Kabupaten Aceh Besar sangat layak dimekarkan menjadi dua atau tiga daerah. Bahkan ibukota Aceh Besar sekarang sangat strategis dijadikan sebagai pemerintahan kota Jantho dengan menggandeng beberapa kecamatan di sekitarnya seperti Seulimeum, Lembah Seulawah, Seulawah Agam dan Kuta Cot Glie. Dengan cara itu, lanjut Khalid, wilayah Aceh Besar akan muncul tiga daerah otonomi baru yaitu Aceh Raya, Aceh Rayeuk dan Pemko Jantho. Sedangkan Aceh Besar mulai dari Indrapuri sampai ke Lambaro menjadi kabupaten induk. “Saya mengharapkan panitia pemekaran dapat bekerja sinergis untuk mewujudkan aspirasi masyarakat, dan diharapkan pada tahun 2017 akan lahir pemekaran kabupaten/kota di Aceh Besar.(min)

Tags: , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses