ATJEH PRESS

ATJEH PRESS

banner 728x90

Pada HUT TNI ke 72 Kodim 0112/Sabang Lakukan Syukuran Bersama Masyarakat

Pada HUT TNI ke 72 Kodim 0112/Sabang Lakukan Syukuran Bersama Masyarakat

Sabang I AP — Pada peringatan HUT TNI ke 72 di Markas Komando Distrik Militer 0112/Sabang, Dandim Letkol Cxi Cholid Firdaus,SE, melakukan syukuran atas rahmat yang diberikan Allah SWT kepada TNI.

Pelaksanaan tanda syukur tersebut berlangsung sederhana dan penuh khidmat, apalagi kegiatan itu dihadiri sejumlah Keuchik (Lurah) mewakili rakyatnya masing-masing.

Syukuran yang bertema “Bersama Rakyat TNI Kuat” Bertindak sebagai Inspektur Upacara Komandan Kodim 0112/Sabang Letkol Czi. Kholid Firdaus,SE, Komandan upacara Pasiops Kodim 0112/Sabang Lettu Inf Junaidi.

Hadir dalam acara tersebut, para tokoh pemuda dan masyarakat, pimpinan pondok pesatren, para Keuchik Gampong, dan anggota TNI.

Komandan Kodim 0112/Sabang Letkol Czi. Kholid Firdaus,SE kepada Wartawan usai pelaksanaan upacara mengatakan, sampai saat ini kepercayaan rakyat kepada TNI begitu besar sehingga akan menjadi tantangan ke depan bagi TNI.

Kekuatan TNI bersandar kepada rakyat merupakan bentuk aplikasi pertahanan semesta yang melibatkan seluruh potensi bangsa untuk turut serta bela Negara sesuai amanat Undang-undang Nomor 30 1945 dimana setiap warga negara Indonesia dari umur 15 tahun sampai 55 tahun bagi yang sehat wajib membela negara.

“TNI lahir dan besar dari rakyat, oleh karena itu kehadiran kita semua itu sebenarnya sudah tertuang sejak sumpah pemuda kemudian lahirlah dari pemuda-pemuda itu Tentara Nasional Indonesia (TNI). Selanjutnya juga diamanahkan oleh Undang-undang Nomor.30 bahwa setiap warga negara dari umur 15 sampai 55 tahun wajib bela negara”ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, TNI itu harus teritorial, karena kemanunggalan TNI bukan hanya sekedar selogan akan tetapi inilah wujud yang memang lahir dari bangsa Indonesia.

Kemanunggalan TNI untuk menjalankan amanah bangsa, amanah negara yang tertuang dalam Undang-undang dimana setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam pembelaan negara.

“Kepada seluruh lapisan masyarakat Sabang saya berharap agar menjaga kedaulatan NKRI, Karena berasal dari Sabang inilah sangat berpengaruh besar bagi bagian Indonesia lainnya., kata Dandim lagi.

Ditambahkan, ini adalah konteks sebuah ketahanan nasional yang meliputi ketahanan Idiologi, Politik, Ekonomi, Sosial, Budaya, Pertahanan dan Keamanan.

Oleh karena itu dalam mewujudkan sebuah ketahanan tentunya akan bersama-sama mewujudkan bersama masyarakat Kota Sabang sebagai ujung Barat Indonesia tentunya menjadi pintu terdepan dari Indonesia,’ tandasnya.(jalal)

Tags: ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses