Pangdam IM: Masyarakat Singkil Sangat Toleran Terhadap Kristen

Pangdam IM Mayjend TNI Agus Kriswanto sedang berbincang dengan masyarakat Singkil. Foto: Faktapers.com
Pangdam IM Mayjend TNI Agus Kriswanto sedang berbincang dengan masyarakat Singkil. Foto: Faktapers.com

SINGKIL|AP-Mayor Jenderal TNI Agus Kriswanto selaku Panglima Kodam Iskandar Muda melakukan pertemuan secara kekeluargaan bersama perwakilan Umat Islam Aceh Singkil, pertemuan berlangsung di Pendopo Kabupaten Aceh Singkil pada hari Kamis 15/10/2015.

Pertemuan itu dilakukan terkait peristiwa pembakaran gereja dan bentrokan warga yang terjadi pada Selasa 13 Oktober 2015. Kerusuhan yang mengakibatkan 1 korban tewas dan 4 orang lainnya luka-luka, termasuk 1 bangunan gereja dibakar masa itu menjadi perhatian tersendiri bagi Pangdam Iskandar Muda karena menyangkut keamanan dan toleransi antar umat beragama didaerah tersebut.

Dalam pertemuan tersebut Pangdam Iskandar Muda Mayjen Agus Kriswanto menegaskan bahwa umat Islam di Aceh Singkil sudah berprilaku sangat toleran kepada umat Kristen, dari sekian banyak gereja yang berada di sana, hanya 10 gereja yang diminta untuk dibongkar, dikarenakan kesepuluh gereja itu tidak memiliki ijin untuk tempat ibadah.

Pangdam juga mengatakan bahwa apabila pembongkaran 10 gereja itu dilakukan, tidak akan mengurangi sarana ibadah bagi umat Kristiani didaerah Aceh Singkil.

Umat Islam Aceh Singkil mengharapkan pemerintah tetap melakukan pembongkaran 10 gereja tanpa ijin dan membebaskan 47 warga yang ditahan apabila sudah terbukti tidak bersalah.

Untuk itu Pangdam Iskandar Muda Mayjen Agus Kriswanto menghimbau agar Umat Islam untuk tenang dan menahan diri guna mencegah perselisihan di Aceh Singkil meluas. [Faktapers.com]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *