Pelaksanaan PORA XIII Sesuai Jadwal

JANTHO | Penyelenggaraan Pekan Olahraga aceh (PORA) XIII yang hanya tersisa dua lagi dari yang dijadwalakan 18-25 November 2018 mendatang, sementara berbagai fasilitas pertandingan pesta olahraga se Aceh itu terus dilakukan pengerjaan.

Terkait dengan ada yang meragukan penyelenggaraan PORA pada 18 November 2018 mendatang, Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali sangat optimis bahwa pelaksanaan PORA XIII dengan berbagai fasilitasnya akan mampu diselesaikan, bahkan dirinya yakin bahwa penyelengaraan PORA XIII akan berlangsung sesuaI jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya. “PORA XIII ini adalah marwah dan martabat bagi masyarakat Aceh Besar tentunya juga spirit bagi rakyat Aceh. Untuk itu, tentu semua kita siap menyukseskan PORA dari segala sektor, baik itu sukses pembangunan, ekonomi, administrasi, sukses melayani (peumulia jamee) dan sukses menjadi peserta terbaik dan tuan rumah terbaik,” katanya.

Disisi lain, Bupati Aceh Besar Mawardi Ali menyampaikan apresiasi kepada setinggi-tingginya kepada semua pihak yang sudah bekerja keras demi menyukseskan pesta olahraga empat tahunan propinsi Aceh itu. Bahkan, semua pihak telah bekerja secara maksimal untuk menyukseskan event olahraga rakyat Aceh.

“Hasilnya pun begitu terlihat mulai gencar-gencarnya dilakukan promosi dan publikasi demi menggemanya PORA XIII di berbagai daerah di Aceh,” pungkasnya.

Sementara sarana dan prasarana juga sudah begitu terlihat berbagai perkembangannya dari hari kehari. Dirinya selaku Bupati Aceh Besar dan Wakil Bupati Waled Husaini serta unsur Forkopimda Aceh Besar terus memantau setiap hari perkembangannya pelaksanaan PORA XIII hingga menjelang hari H bahwa Aceh Besar benar-benar siap melaksanakan event bergengsi di tingkat propinsi tersebut.

Pemerintah Aceh Besar dibawah pimpinan Ir Mawardi Ali dan Waled Husaini A Wahab bersama stakeholder dan para pelaku olahraga mengingikan bahwa pelaksaan PORA Aceh Besar ini harus sukses sebagai tuan rumah, juga harus sukses prestasi. Targetnya pun tidak muluk muluk, Aceh Besar harus dapat meraih juara umum pada PORA XIII ini. Aceh Besar harus sukses seperti halnya piala dunia, dimana Rusia merayakan kesuksesannya sebagai tuan rumah, begitu juga dengan Perancis yang juga merayakan suksesnya dalam meraih piala dunia.

Begitu juga, ia sangat berharap dimana Aceh Besar bertekad menjadikan Pekan Olah Raga Aceh (PORA) XIII, di Jantho, sebagai yang terbaik dari PORA-PORA yang pernah diselenggarakan di Aceh.

Untuk itu, Pemerintah Aceh Besar akan terus berupaya semaksimal mungkin memastikan semua kebutuhan suksesi even empat tahunan tersebut tersedia dengan baik.

Mulai dari prasarana, sarana, transportasi, akomodasi hingga konsumsi selama perhelatan berlangsunG. Hal ini memang bukan pekerjaan mudah. Apalagi, dengan jumlah peserta yang mencapai 5.000 orang.

Meski begitu, Pemerintah Aceh Besar dan Panitia Penyelenggara (PP) PORA XIII tetap optimis bisa memberikan layanan terbaik. Apalagi, bagi Aceh Besar, pelaksanaan even ini bukan semata untuk urusan prestasi olahraga. Namun, Mawardi Ali membeberkan lima hal yang menjadi target Pemkab Aceh Besar pada perhelatan PORA XIII.

Kelima sukses tersebut adalah sukses prestasi, sukses penyelenggaraan, sukses ekonomi, sukses administrasi dan sukses aset. “Kami mengajak seluruh masyarakat Aceh Besar dan masyarakat Aceh pada umumnya untuk memberikan dukungan pelaksanaan PORA XIII hingga sukses,” demikian Bupati Aceh Besar Mawardi Ali.(**)

 Berharap Pelaksanaan Sukses

Ketua Umum Panitia Penyelengara Pekan Olahraga Aceh (PP PORA) XIII, Drs Iskandar MSi berharap PORA XIII di Aceh Besar sukses dalam pelaksanaan event olahraga terbesar di Aceh, baik itu sukses sebagai tuan rumah juga sukses meraih prestasi.

Untuk mencapai itu semua, tentunya tidak mungkin hanya dilakukan Pemerintah Kabupaten Aceh Besar saja, tapi juga harus mendapat dukungan penuh dari seluruh masyarakat Aceh Besar. Pemerintah dan masyarakat Aceh Besar harus bahu membahu dan saling bersinergi untuk kesuksesan even olahraga empat tahunan ini.

Pelaksanaan Pekan Olahraga Aceh (PORA) XIII tinggal menghitung hari, selaku Ketua Umum PP PORA XIII, ia memberi apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung untuk mensukseskan pelaksanaan PORA XIII ini, baik dari unsur Forkopimda, SKPK bahkan para sponsor yang siap mendukung suksesnya event olahraga empat tahunan rakyat Aceh ini. “Dengan dukungannya semua pihak, insya Allah, kita berharapa PORA  XIII dapat berjalan dengan sukses” ucapnya.

Kendati bertekad sukses menjadi juara dan penyelenggara, namun rambu-rambu sporfitas tetap harus dijunjung tinggi. Sportifitas adalah ruhnya olahraga dan harus ditaati oleh setiap olahragawan. “Kepada seluruh atlet-atlet Aceh Besar yang akan belaga di PORA XIII untuk menunjukkan sportifitas yang tinggi. Buktikan atlet Aceh Besar meraih medali bukan karena pemberian, tapi karena prestasi dan sportifitas,” ucapnya.

Begitupun, Drs Iskandar MSi yang juga Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Besar juga berharap PORA XIII ini selain sukses sebagai penyelenggara juga sukses membawa dampak pada sektor perekonomian masyarakat, pelaku ekonomi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Aceh Besar khususnya, termasuk berdampak pada terbukanya lapangan pekerjaan kepada masyarakat sekitar “Harapan kita sukses ekonominya dan membuka lapangan kerja,”.(**)

Dewan Acungkan Jempol 

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Aceh Besar, Sulaiman, SE, mengapresiasi kinerja eksekutif setempat dalam hal persiapan pembangunan Veneu, tempat pelaksanaan kegaiatan Pekan Olah Raga Rakyat Aceh (PORA) yang dipusatkan di Kota Jantho, Aceh Besar, November mendatang.

Apresiasi tersebut disampaikan Ketua DPRK itu saat meninjau langsung perkembangan pembangunan sejumlah sarana tersebut ke lokasi setempat , Jumat sore, 31 Agustus 2018.

“Saya sangat terharu melihat perkembangan pembangunan ini yang begitu cepat dan tampak sangat megah, saya optimis PORA akan berlangsung sukses seperti yang kita harapkan,” kata Sulaiman optimis.

Menurut Sulaiman, proyek pembangunan sarana olahraga yang diperuntukkan mensukseskan PORA 2018 itu bukanlah proyek kecil dengan kondisi area yang cukup menantang dan kesediaan biaya dianggaran tahun berjalan. Jika dilihat dari batas waktu yang tersedia dan bentuk bangunan yang cukup lumayan lebar, sangat meragukan. Tapi realitanya proses pembangunan yang terjadi cukup mengembirakan. Bahkan dalam waktu 4 bulan pembangunan mampu mengejar pekerjaan hingga 70 persen.

“Kita semua tahu, bahwa proses pelaksanaan pembangunan veneu ini dimulai dalam tahun ini dengan limit waktu yang cukup singkat dan medan yang cukup menantang, tapi Alhamdulillah tidak ada keraguan lagi akan suksesnya pelaksanaan PORA tahun ini dengan baik,” timpal Sulaiman lagi.

Disamping itu, Sulaiman juga menyarankan kepada Bupati Mawardi Ali, agar dapat memperluas kembali area lokasi pusat pelaksanaan PORA tersebut dengan melakukan pembebasan sejumlah lahan yang ada disekitar, sehingga Kota Jantho dapat menjadi pusat olah raga yang bertaraf nasional.

“Kita juga akan mendukung pengalokasian dana untuk pembebasan sejumlah lahan yang harus dibebaskan disekitar sini, supaya lingkungan pusat olah raga ini benar benar optimal,” Saran Sulaiman.

Kepada seluruh elemen masyarakat Aceh Besar, diharapkan untuk terus memberikan dukungan positifnya kepada pemerintah. Supaya pelaksanakan pembangunan dan perhelatan PORA 2018 ini sukses sebagaimana yang diharapkan.

”Dukungan penuh juga kita harapkan dari seluruh elemen yang ada, sehingga Aceh Besar sebagai tuan rumah mampu memberikan yang terbaik bagi olahraga tingkat Provinsi Aceh ini, nanti,” demikian pesan Ketua DPRK sekaligus Kader Partai Aceh ini.

Peninjauan ketua, wakil ketua dan anggota DPRK Aceh Besar saat itu didampingi langsung oleh Bupati Aceh Besar, Ir. Mawardi Ali, Sekda Iskandar, Kadispora Aceh Besar, Ridwan Jamil, Kadis PUPR Yusmadi.

Sementara Kepala PUPR setempat Yusmadi, menyebutkan laju pengerjaan sejumlah venue tersebut, saat ini secara umum telah selesai 60-70 persen. Bahkan sejumlah item pengerjaan yang hampir rampung 80 persen, seperti stadion mini yang terletak di alun alun lokasi venue.

“Pembangunan stadion sempat kita khawatirkan sebelumnya, tapi Alhamdulillah, sudah rampung,” kata Yusmadi.

Sejumlah gedung tempat pelaksanaan berbagai cabor dilaporkan sudah rampung 95 persen, kecuali Gedung A atau gedung utama, yang masih dalam proses pengerjaan 30 persen. Namun dipastikan gedung tersebut akan selesai dikerjakan dalam waktu dua bulan kedepan.

Sebelumnya Bupati Aceh Besar, Ir. Mawardi Ali, optimis memasuki bulan November 2018, seluruh saranan sudah tuntas dibangun, dan sisa waktu 16-17 hari sebelum pembukaan dilaksanakan dapat dimanfaatkan untuk proses finising sarana, dan persiapan untuk pembukaan yang diwacanakan akan digelar di stadion mini setempat. (**).

Semangati Atlet Rebut Medali

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Kadisparpora) Aceh Besar Ridwan Jamil SSos MSi mendorong para atlet untuk terus melakukan latihan dengan menyemangati mereka demi meraih kesuksesan pada Pekan Olahraga Aceh (PORA) yang akan berlangsung 18 November mendatang.

Pada kesempatan itu, Ridwan Jamil meminta kepada para atlet supaya terus meningkatkan volume latihan hingga menjelang hari H “Mari bekerja keras untuk merebut medali emas, setiap keberhasilan maka pemerintah Aceh Besar akan menghargainya dengan bonus,” tegas Ridwan Jamil.

Ridwan jamil yang juga wakil ketua Pelatda Aceh Besar juga sangat yakin akan kemampun para atlet PORA Aceh Besar dalam menghadapi berbagai pertandingan yang akan bertanding pada Pekan Olahraga Aceh yang akan berlangsung 18-25 November 2018 mendatang di Kota Jantho, Aceh Besar. “Kami yakin dengan kemampuan kalian. Berlatih dengan penuh semangat, raih prestasi,”.

Dirinya juga berharap, PORA XIII Aceh Besar  ini dapat menjadi momentum kebangkitan olahraga Aceh Besar,  selain juga dapat menjadi momentum untuk meraih kesuksesan dalam rangka menghadapi Pekan Olahraga Nasional pada 2024 mendatang di Aceh dan Sumatera Utara.(ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *