Sail Sabang, Salah Tata Bakal Kampungan

Sabang, AP–Even internasional yaitu Sail Sabang dengan tema “Menuju Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunia’,  yang akan digelar pada  28 November hingga 05 Desember  2017 mendatang, penyelengara harus benar-benar siap dan serius. Jika tidak dikhawatirkan bakal tidak berjalan mulus.

 Pihak pemerintah pusat dan daerah sudah beberapa kali melakukan rapat koordinasi, untuk membicarakan kelangsungan even internasional tersebut, Rapat Koordinasi (Rakoor) yang dihadiri Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata, Dadang Rizky Ratman dan Deputi Sumber Daya Manusia, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dan Budaya Maritim, Safri Burhanuddin.
 
Selain itu juga hadir Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Antonius Tonny Budiono; Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaam Umum dan Perumahan Rakyat, Sri Hartogo, serta Gubernur Aceh DR Zaini Abdullah ikut serta juga Walikota Sabang H Zulkiufli H Adam di Jakarta beberapa waktu lalu itu, semata guna mengsukseskan Sail Sabang 2017.
 
Dalam perencanaan Sail Sabang 2017 akan menampilkan tarian kolosal pahlawan wanita Aceh Laksamana Malahayati, parade KRI Bima Suci dari Spanyol  yang akan melewati India, Malaysia, Thailand, dan Singapura. Pekayaran tersebut juga diikuti Kapal Pemuda Nusantara, kapal riset Baruna Jaya IV dan Baruna Jaya VIII, bahkan  100 kapal yacht peserta Sail Sabang 2017 dari Langkawi, Phuket, Singapura, Australia, Eropa ikut konvoi.
 
Kemudian pada rapat yang dilaksanakan di kator Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) belum lama ini, juga dibahas tentang kemantapan pelaksanaan Sail Sabang 2017. Pada rapat tersebut dihadiri Wakil Walikota Sabang Nazarudin, Kepala BPKS Fauzi Husein, Dan Lanal Sabang diwakili Pasop Budi Darmawan.
 
Selain itu juga hadir Dankal selaku Letda Laut (P) Dwi Santoso, Dan Lanud Mus diwakili Kadisops Mayor Lek Bambang Aji S, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Sabang Zulfi Purwati, Kadis PU Kotaa Sabang Mahmud ST, Kepala Bappeda Kota Sabang Anas Khairudin, Deputi komersial dan investasi BPKS, dan Direktur tata ruang lingkungan hidup BPKS.
 
Dalam rapat tersebut dibicarakan beberapa hal antara lain lokasi pameran, rute, peserta, Sail Sabang, penempatan kegiatan puncak di dermaga CT-3, Pegelaran seni budaya yang akan dilaksanakan di area Sabang fair.
 
Ketua panitia daerah Fauzi umar mengatakan tujuan utama Sail Sabang untuk memperkenalkan teluk Sabang sebagai pusat wisata Bahari Indonesia dan pusat ekonomi wisata bahari internasional. Teluk sabang akan dijadikan sebagai destinasi kapal pesiar, yacht, Dan super yacht.
 
Nantinya akan menetapkan Kantor di Phuket Thailand untuk mempromosikan Sail Sabang, guna merealisasikan MoU Phuket Langkawi Sabang. bahkan Pemerintah mewujudkan teluk Sabang sebagai Pelabuhan wisata bahari berkelas internasional., kata Fauzi Umar.
 
Seperti disampaikankan sebelumnya guna mengsukseskan Sail Sabang 2017, pemerintah menganggarkan dana sebesar Rp.73 Miliyar. Namun, dari berbagai rencana kebutuhan sarana pendukung sampai saat ini masih banyak yang belum terlihat mulai dilakukan.
 
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia Luhut Binsar Panjaitan, meminta semua pihak yang terlibat dalam even Sail Sabang 2017, agar benar-benar terlaksana dengan sempurna dan baik. Bahkan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman berharap Sail Sabang jangan seperti kegiatan ‘Kampungan”.,(Jjalal).
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *