Seleksi Pejabat di Bireuen, PNS Impor Tumbang, Lokal Bertahan

Bireuen, AP– Akhir akhir ini rekruetmen pejabat mulai ketat. Masihkah ada celah KKN?. Teka –teki bakal terjadinya”Permainan” dalam seleksi pengingisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) pratama, lingkungan Pemerintah Kabupaten Bireuen, terjawab sudah. Ternyata seleksi berlangsung sangat ketat, dengan tumbangnya seorang. dari dua pegawai “import” dan 25 PNS “lokal” dinyatakan lulus.

Sebelumnya sempat marak, bakal lulus seleksi pegawai import. Saifulah, S.Pd, M.Pd yang datang dari Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar yang disebut-sebut sengaja di “Import” untuk mengisi JPT pratama sebagai Kadis di Kabupaten Bireuen. Disebut sebut juga, sebagai “pemain import” mempunyai  kans untuk lolos. Apalgi kalau bukan karena kekerabatan atau keluarga dengan phak”istana”. “Secara aturan memang dibenarkan, syarat-syaratnya terpenuhi,” sebut sumber media ini.

Apalagi dalam seleksi tahap pertama, munculnya pegawai “import” dari Seumeulu,  yang  disebut-sebut punya hubungan keluarga dengan “isana”,  yang akhrnya putra Bireuen itu, sekarang ini menududuki  JPT Pratama sebagai Kadis Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bireuen.

“Saya kira. Seleksi tahap ke II benar-benar terbuka dan murni, dan penguasa tidak ikut campur, yang lulus itulah yang terbaik,” ujar seorang PNS Setdakab Bireuen seraya mengatakan dengan memastikan yang lolos itu, pada tahap ke II adalah berdasarkan kemampuan sendiri dan menunjukkan SDM PNS dari Kabupaten Brireuen masih sebagai yang terbaik.

Dalam lelang jabatan yang diikuti 30 peserta, .dua PNS  diantaranya meupakan pegawai   “import” sudah mengikuti seleksi JPT Pratama, mulai  17 September 2018, dan hasilnya sudah diumunkan, Jumat (9/11) oleh   Ketua Pansel, Ir Zulkifli, Sp, yang juga Sekdakab Bireuen.

Setidaknya 26 kandidat sudah dipersiapkan  mengisi JPT pratama masing-masing sebagai calon   Asisten Adminstrasi Umum Setdakan Bireuen yang urutan nama berdasarkan abjad, yaitu, Bob Miswar S.STP, M.Si, Daiami, S.Hut dn Drs Jalaluddin, M.Si.sedangkan JPT Pratama Sekretaris DPRK Bireuen terdiri dari, Farhan, SE, MM, Mulyadi, SE dan Said Abdurahman, S.Sos.

Untuk kandidat JPT Pratama Kadis Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kabupat Bireuen, masig=masing Irfan, S.Pd, M.Pd,  DR Marwan, M.Pd, dan Drs M Nasir, M.Pd. Lalu untuk jabatan Kasatpol PP hanya terdiri dua calon msng-masing, Chairulah SE dan Jamaluddin, SP dan untuk Kadis Penanaman modal, Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Bireuen, Ir H Alie Basyah, M.Si, Jailani, Sp, MSM dan PNS “import”, M Amin. S.Sos (Pegawai “import” dari MAA Kabupaten Aceh Utara).

Sedangkan untuk Kadis Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bireuen telah disiapkan Muhammad Nasir, Sp, SM dan Ir Syahrul, MM. Sementara untuk Bappeda Kabupaten Biruen tercatat nama-nama, Fadlullah, ST, MM, Muslm. M.Si dan Muhammad, ST.

Untuk posisi Kepala badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten Bireuen, terdapat nama, Drs Fakrizal, M.Si, Mawardi, S.STP. M.Si dan Zaldi AP, S.Sos. Sementara posisi Kadis Dukcapil Kabupaten Bireuen ditempati nama-nama Muhammad Diah, S.Ag, Ir M Jafar, MM serta nama Muhammad Nasir  Muhammad Yusuf, S.Sos.

Dalam lelang jabatan tahp ke II ini, selain diikuti dua PNS “impor”juga diikuti 28 PNS lainnya yang dikenal sebagai Asoe Lhok. Sebagai ONS “Lokal” Sudah lama  mengabdkan diri Pemerintahan Kabupaten Bireuen, jadi sepantasnya diutamakan putra/ putri  yang sudah berkarier di daerah setempat Tentunya, mereka harus memenuhi syarat sebagai peserta seleksi jPT praama.

Kabid Pengebangan Kompetensi Aparatur, Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten Bireuen,  Zulkifi. S.Sos yang ditanyai media ini, Kamis (8/110 mengatakan dalam tes uji kompetensi JPT Pratama kabupaten Bireuen tahun 2018 diikuti oleh 30 PNS sebagai peserta,  untuk mengisi 9 SKPA. Ke  30 PNS tersebut masing-masing. Jamaluddin, SP (Camat Pandrah), Fadhlullah, ST, MSM (Kabag Barang dan Jasa pada Setda), Muslim, M.Si (Salah seorang Kabad di Bappeda), Chairullah, SE (salah seorang Kabid di Wilayatul Hisbah), Jailani, SP, MSM (Pll Kadis Penanaman Modal, Perdagangan, Koperasi dan UKM)

Seterusnya, Muhammad Nasir Muhammad Yusuf. S.Sos (Camat Kota Juang), Irfan,S.Pd, M,PD, (Seorang Kabid di Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga, Ns Muhclis, S.Kep (Pelaksana pada Dinas Kesehatan). Drs Syarwan Ibrahim ( Kepala sektariat MAA), Saifullah, S,Pd, M. Pd (KEPALA SEKOLAH  PADA SMA NEGERI 2 PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR), Drs Fachrizal. M Si (seorang Kabid  pada Badan Kepegawaian dan PSDM), Zaldi. S,Sos ( Kepala Kantor KESBANGPOL)

Selanjutnya, Anwar. S.Ag, MAP (Kepala Sektariat Baitu Mal) , M Amin, S.Sos (KEPALA SEKTARIAT MAA ACEH UTARA), Ir M  Jafar, MM (Staf Ahli Bupati Setdakab), Mulyadi, SH ( seorang Kabag pada DPRK) Muhammad, ST (Sekretaris Dinas Pertanahan). Ir Syahrul MM (Sekretaris pada Dinas Pertanian,  Said Abdurahman, S.Sos (Kepala Dinas Pendidikan Dayah), Drs M Nasir M.Pd (Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga), Drs Jalaluddin M.SI (Camat Jeunieb), Ir H Alie Basyah (Kepala Dinas Pertanian).

Serta, Muammad diah S.Ag ( Plt Kepala BKPSDM),  DR Marwan, M.Pd (Dosen pada Universitas Amuslim), Fakrurrazi, SP (Kpala Satpol PP dan Wilayatu Hibah), Mawardi , S.STP, M.Si (Kabag Pemerintahan pada Setdakab), Muhammad Nasir SP, MSM (Kepala Pelasana BPB), Farhan, SE, MM (Sektaris Dinas Penanaman Modal, Perdagangan, koperasi dan UKM), Dailami, S.Hut (Kepala Bagia Perekoiomian Daerah Setdakab),  plus Bob Miswar, S. STP, M.Si (Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Gampong dan KS).(Maimun Mirdaz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *