Setelah Bahan Bakar dan Logistik Cukup Kapal Warga Tamil Sri Lanka Segera Ditarik Ke Laut

Kapal warga Tamil Sri LankaBANDA ACEH – Kapal warga Tamil Sri Lanka akan diisi bahan bakar dan mereka segera ditarik ke laut untuk diberangkatkan pulang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kapolda Aceh Irjen Pol Husein Hamidi saat melihat kondisi 44 warga Tamil Sri Lanka yang terdampar di perairan Lhoknga, Aceh Besar pada kamis 16 Juni 2016.

Husein Hamidi juga mengungkapkan bahwa makanan untuk warga Tamil terus dipasok oleh Dinas Sosial Aceh, terkait bahan bakar hari ini juga akan dipasok.

“Jadi, jika bahan makanan atau logistik dan bahan bakar  nantinya mencukupi maka kapal tersebut akan segera berlayar kembali melanjutkan perjalanan mereka untuk kembali ke Negara asal mereka yaitu Sri Lanka ,” ujar Kapolda Aceh.”.

Husein juga memaparkan sebelumnya kapal tersebut hanya mengalami kerusakan pada dinamo dan sekarang telah diperbaiki.

Kapal tersebut nantinya akan ditarik  menggunakan kapal dari TNI AL menuju ke lokasi yang sebelumnya dimana kandasnya kapal tersebut,” kata Husein.

“kita upayakan ketika air pasang dan kondisi cuaca baik nantinya kapal tersebut akan segera ditarik ke laut dan untuk diarahkan mereka untuk kembali ke Negara asalnya

Terkait pengamanan lanjut Husein, mereka akan dijaga secara ketat oleh aparat gabungan TNI dan Polri guna mengantisipasi agar warga Tamil Sri Lanka tidak turun kedarat.

Kapolda Aceh itu menambahkan, bantuan yang diberikan kepada warga Tamil Sri Lanka merupakan dalam rangka kemanusian, belum ada rencana mereka untuk diturunkan ke darat, hsl tersebut disebabkan karena  kapal mereka kehabisan bahan bakar dan kerusakan pada mesin, dan tujuan mereka bukan ke Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *