Tinjau Pengrajin Ulos, Satgas TMMD Kodim 0207/Sml Tambah Ilmu Ekonominya

SIMALUNGUN|
Moment program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di wilayah Kodim 0207/Sml bukan hanya mengerjakan pembuatan sasaran fisik dan non fisik saja melainkan dimanfaatkan untuk menambah ilmu ketrampilan.

Saat istirahat renovasi rumah tidak layak huni (RTLH) di Kel. Tomuan kec. Siantar Timur,anggota Satgas TMMD berkesempatan mengunjungi bapak Amran Sindalahi (48) warga Jalan Wortel, dimana isteri dari bapak Sindalahi memiliki ketrampilan membuat ulos, Kel Tomuan merupakan salah satu daerah pembuat ulos tradisional di Kota Pem. Siantar.

“Setiap harinya ibu Marlina br. Simangunsong isteri dari bapak Sindalahi mampu membuat 3 buah ulos, kegiatan ini dilakukan saat tidak turun ke sawah atau sesudah panen padi dan membuat ulos untuk menambah penghasilan keluarga, “ujar Pelda Riyanto Babinsa Kodim 0207/Simalungun.

Sebagaimana diketahui bahwa Ulos merupakan salah satu perangkat budaya daerah kab. Simalungun dan Kota Siantar, umumnya orang Batak dan merupakan salah satu budaya nasional yang harus dipertahankan jangan sampai hilang.

“Awalnya kami hanya mendengar saja disini ada pengrajin Ulos, setelah kerja waktu istirahat kami tergerak hati untuk melihat langsung bagaimana cara menenun Ulos, “katanya

Adapun anggota Satgas yang melihat langsung diantaranya Pelda Riyanto Babinsa Kodim 0207/Simalungun, Praka Gusmiandi anggota Zipur Dam I/BB, Prada Aditya Nababan anggota Yonif 122/TS.

Para prajurit TNI ini sangat antusias untuk melihat cara membuat ulos dengan mesin tenun tradisional dengan istilah “MAR KHA TUK TAK”.”Kami juga diberitahu bagaimana cara membuat Ulos, “sebutnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *