Kodim Atim Tanam Kedelai Grobogan di Manyak Payed

Dandim Atim tanam kedelai di Manyak Payed, Aceh Tamieng, Senin 16 Maret 2015. Foto: Ist
Dandim Atim tanam kedelai di Manyak Payed, Aceh Tamieng, Senin 16 Maret 2015. Foto: Ist

Aceh Tamiang|AP-Dandim 0104/Atim Letkol Inf Endra Saputra Kusuma menghadiri penanaman perdana kedelai di Desa Matang Ara Jawa Kecamatan Manyak Payed, Kabupaten Aceh Tamiang, Senin (16/03) pagi pukul 09.00 WIB.

Aksi penanaman seluas 5 Ha dalam rangka mendukung program pemerintah untuk meningkatkan swasembada pangan yang sedang digalakkan oleh Presiden Joko Widodo turut dihadiri oleh Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang Kodim 0104/Atim beserta rombongan, Danramil 15/Mpy Kapten Inf Muhammad AR, Penyuluh pertanian Kecamatan Manyak Payed, Pj Datok Penghulu Desa Matang Ara Aceh Bapak Sapuan  dan masyarakat Desa Matang Ara Jawa yang ada dibawah binaan Koramil 15/Mpy.

Peningkatan swasembada pangan khususnya kedelai bermanfaat untuk mengantisipasi kelangkaan bahan pokok pangan masyarakat Indonesia karena sebagaimana diketahui banyak makanan khas masyarakat Indonesia yang berbahan dasar kedelai.

“Akhir-akhir ini kita ketahui bahwa kita masih mengimport kedelai dari negara luar sehingga banyak permainan harga di pasar  yang hanya  menguntungkan  pihak  produsen  sehingga  untuk mendapatkan kedelai kita harus membeli dengan harga yang sangat tinggi,” kata Dandim 0104/Atim Letkol Inf Endra Saputra Kusuma.

Pemerintah telah merencanakan program agar tidak terjadi lagi kelangkaan kedelai di pasaran khususnya diwilayah Kecamatan Manyak Payed melalui peningkatan swasembada pangan penanaman kedelai yang melibatkan beberapa instansi salah satunya TNI-AD. Selain dari pada itu masyarakat juga bisa memanfatkan lahan sawah yang pada umumnya di daerah kecamatan Manyak Payed adalah sawah tadah hujan yang musim tanamnya hanya 2 kali dalam setahun, sehingga lahan sawah tersebut bisa digunakan untuk penanaman kedelai guna menunjang penghasilan masyarakat kecamatan Manyak Payed umumnya dan khususnya masyarakat Desa Matang Ara Jawa.

Andil TNI-AD khususnya Koramil 15/Mpy dalam program swasembada pangan penanaman kedelai adalah sebagai penggerak dan pengawas melalui pembinaan kelompok tani yang ada di Desa binaan masing-masing melalui MOU yang telah ditandatangani oleh para Babinsa dan kelompok tani yang ada di Desa Binaan dengan dibantu oleh Menteri Pertanian yang ada di Kecamatan Manyak Payed serta penyuluh pertanian yang ada di kelompok tani di wilayah Koramil 15/Mpy beberapa waktu lalu.

Danramil 15/Mpy Kapten Inf Muhammad AR selalu menekankan kepada para Babinsa Koramil 15/Mpy agar berperan aktif dalam mendukung program pemerintah ini agar berjalan sesuai dengan rencana dan mendapatkan hasil sesuai dengan program pemerintah untuk dapat mensejahterakan masyarakat di Kecamatan Manyak Payed yang pada umumnya hanya mengandalkan bercocok tanam padi sawah tadah hujan dan yang paling utama adalah terciptanya Kemanunggalan TNI-AD dengan rakyat. (r)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *