Pesawat CN 235 P 8301 Patroli Wilayah Selat Malaka Tiba di Sabang

Sabang (ADC) – Kapal jenis CN 235 P 8301 milik Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI-AL), selesai melaksanakan patroli di wilayah Selat Malaka dan Laut Andaman, Senin (15/10/18) tiba di Bandara Maimun Saleh Sabang.

Pesawat turun di Sabang setelah melaksanakan tugasnya, pada kegiatan Patroli Terkordinasi Indonesia dan India (Patroli Indindo) 32/18, yang digelar beberapat hari, dalam bentuk latihan bersama.

Kedatangan Pesawat CN 235 P 8301 disambut Komandan Lanudal Sabang Letkol Laut (P) Ahmad Novam Haruman, S.H., M. Tr. Hanla di Bandara Maimun Saleh (MUS) Sabang, penyambuatan tersebut dilakukan secara militer.

Usai dilakukan penyambutan Komandan Lanudal TNI-AL Sabang, Letkol Laut (P) Ahmad Novam Haruman, SH,M.Tr.Hanla, kepada wartawan mengatakan, Pesawat CN 235 P 8301 merupakan Pesawat TNI-AL yang memiliki fungsi utama sebagai Patroli Maritim di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI.

“Ini merupakan salah satu Pesawat yang di rangkai PT.Dirgantara Indonesia dan memperkuat jajaran Wing Udara 1 Puspenerbal di Surabaya”., kata Letkol Ahmad Novam.

Dijelaskan, Pesawat P 8301 di awaki oleh Kapten Laut (P) Bani Supangat, sebagai Pilot dan akan berada di Sabang, selama lebih kurang dari satu minggu ke depan.

Patkor Indindo 32/18 ini telah di buka kegiatanya di Belawan Sumatera Utara (Sumut), pada tanggal 12 Oktober 2018 lalu dan penutupan nanti akan dilaksanakan di Portblair negara India. Selama di Sabang, pada Senin pagi akan dilaksanakan kegiatan Static Show yang dihadiri siswa-siswi SMAN dan SMKN Sabang, semoga dengan melihat langsung fisik Pesawat kiranya ada putra-putri Sabang yang ingin menjadi TNI-AL.

Masing-masing negara dengan unsur-unsur yang di libatkan yaitu unsur Pesud dan kapal perang nantinya akan melaksanakan Patroli bersama dan terkoordinasi untuk menjaga dan mengawasi wilayah perairan ke dua negaranya dari ancaman perompakan,pembajakan,dan terorisme serta pelanggaran lainnya., jelas Komandan Lanudal Sabang ini.(Jalal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *